Cara Untuk Mencegah dan Membasmi Rayap Yang Efektif

Cara Untuk Mencegah dan Membasmi Rayap Yang Efektif

Agar rumah kita nyaman, sehat dan bebas dari rayap, tentu kita harus rutin merawat dan membersihkannya. Perawatan rumah juga dapat bervariasi tergantung dari bahan materialnya. Untuk rumah yang memiliki banyak elemen kayu baik itu eksterior atau pun interior, tentu akan dibutuhkan perawatan lebih.

Di negara tropis seperti Indonesia, kayu memiliki musuh nomor satu yaitu rayap. Jika tidak diperhatikan perawatannya, maka rayap akan membuat barang – barang kamu rusak. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena banyak cara untuk mencegah dan mengantisipasi rayap dengan efektif.

Kamu bisa memulai pencegahan dengan perawatan berkala hingga membasmi rayap hingga tuntas atau menggunakan Jasa Anti Rayap. Sehingga rumah kamu akan lebih terawat dan terhindar dari rayap, dengan mengikuti beberapa cara ini.

5 Cara Mencegah Serangan Rayap

  1. Melindungi Rumah Berbahan Kayu Dari Rayap

Jika kamu rumah mempunyai banyak material kayu, bangunan tersebut akan sangat mudah sekali untuk menjadi sarang rayap. Sehingga kamu bisa menyemprotkan atau mengolesi bagian – bagian yang sering dimakani oleh rayap menggunakan minyak tanah. Dengan begitu rayap secara perlahan akan mati dan hilang. Atau dengan cara lainnya yaitu, menyemprotkan cairan anti rayap secara teratur ke seluruh bagian rumah. Kamu bisa menyemprotkan pada kusen, lantai kayu, rangka atap dan juga plafon.

  1. Hindari Tempat Yang Lembab

Habitat rayap untuk bersarang adalah daerah gelap dan lembab. Dengan begitu, agar perabotan kamu tidak keropos habis dimakan oleh rapay, kamu bisa menjemur perabotan kamu secara berkala di bawah sinar matahari. Hal ini ampuh dikarenakan rayap tidak menyukai tempat yang panas, kamu bisa melakukan kegiatan ini secara rutin. Selain itu, perbanyak jendela dan ventilasi di rumah kamu agar sinar matahari dan juga udara dapat masuk ke dalam rumah dan tersirkulasi dengan baik.

  1. Rapihkan Rak Buku dan Kertas

Jika kamu memiliki koleksi buku dirumah, ada baiknya untuk rajin membersihkan koleksi buku kamu secara rutin. Rayap dan juga serangga sangat menyukai kertas karena kertas terbuat dari serat kayu. Sehingga rapihkan dan bersihkan rak buku, kertas, hingga wallpaper dinding kamu.

  1. Memeriksa Rumah Setiap 3 – 6 Bulan Menggunakan Jasa Pest Control

Untuk mencegah dan membasmi rayap pada bangunan rumah atau furnitur, kamu bisa menggunakan jasa pest control atau kontrol hama untuk membasmi rayap dan serangga. Jasa pembasmi hama akan menawarkan metode penyemprotan dan juga injeksi. Atau juga bisa menggunakan metode sistem umpan yang ramah lingkungan. Kamu juga harus memeriksa rumah dan furnitur kamu setiap 3 sampai 6 bulan, hal ini dilakukan untuk memastikan jika rumah kamu bebas dari rayap.

  1. Menggunakan Ramuan Untuk Mengusir Rayap

Beberapa ramuan dianggap ampuh untuk mengusir rayap, kamu bisa menggunakan air cucian beras karena ampuh mengusir rayap dari sarangnya. Caranya dengan menyiramkan ari cucian beras ke sekeliling tempat tinggal atau sarang rayap. Atau kamu juga bisa menggunakan air kapur sirih yang dimasukan ke dalam semprotan dan juga kamu bisa mencoba larutan air garam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *