Alasan Pentingnya Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Alasan Pentingnya Untuk Belajar Bahasa Mandarin

Banyak orang yang berpikir bahwa belajar bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membosankan dan dianggap tidak penting. Dan bagi masyarakat sekarang ini menguasai bahasa inggris saja dirasa sudah cukup. Namun, dalam hal ini ternyata bahasa Inggris bukanlah satu – satunya bahasa internasional yang wajib untuk kamu kuasai.

Saat ini bahasa Mandarin telah menjadi salah satu bahasa yang wajib untuk dipelajari dan sudah dianggap sebagai bahasa internasional. Sehingga, ada baiknya mulai sekarang kamu harus mempelajari bahasa Mandarin. Kamu bisa mengikuti berbagai macam kursus Mandarin untuk membantu kamu mempelajari bahasa Mandarin dengan baik dan benar.

Jumlah penduduk Tiongkok saat ini mencapai 1,38 miliar penduduk angka ini belum termasuk dengan wilayah Taiwan yang sampai saat ini masih di klaim sebagai propinsi ke 23 mereka. Para ekspatriat Tiongkok yang bekerja di luar negeri dan juga bagi mereka yang telah berpindah kewarganegaraan hingga menikah dan beranak cucu.

Diperkirakan ada sekitar 25% dari total penduduk di dunia merupakan penutur bahasa Mandarin, karena faktar inilah yang menjadikan bahasa Mandarin sebagai bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris. Jumlah tersebut masih banyak bila dibandingkan dengan gabungan jumlah penutur bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab, Russia, Jepang dan lain – lain.

Di jaman era modern seperti sekarang ini sebenarnya tidak sulit untuk mempelajari bahasa Mandarin. Apalagi sejak era Presiden Gusdur yang mencabut Inpres No 14/1967 dan ia menerbitkan Kepres No 6/2000 yang memperbolehkan para warga Tionghoa untuk mengekspresikan budayanya dan termausk kebebasan dalam mempelajari bahasa.

Berbagai Cara Untuk Mempelajari Bahasa Mandarin

Ada banyak cara yang bisa membantu kamu untuk mempelajari bahasa Mandarin. Kamu bisa belajarnya dengan mengikuti kursus Mandarin, mempelajarinya lewat blog, video tutorial bahasa Mandarin, ataupun aplikasi bahasa Mandarin yang ada pada smartphone. Cara – cara tersebut akan membantuk kamu secara komprehensif untuk mempelajari bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin bukan hanya digunakan saat kita berpergian ke Tiongkok, namun ternyata bahasa Mandarin adalah bahasa yang digunakan oleh seperempat penduduk yang ada di bumi. Bukan hanya terbatas di wilayah daratan Tiongkok namun di Taiwan, Singapura dan Malaysia juga menggunakan bahasa ini untuk kesehariannya.

Sebagian komunitas masyarakat perantauan Tionghoa yang bertempat tinggal di beberapa negara besar yaitu seperti Amerika Serikat dan Australia juga menggunakan bahasa Mandarin. Sehingga bahasa Mandarin adalah merupakan bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kamu untuk mempelajari bahasa Mandarin karena sudah pasti bahasa ini akan semakin banyak digunakan di masa mendatang.

Jika kamu menguasai bahasa Mandarin maka hal ini juga akan bermanfaat ketika kamu berpergian ke Tiongkok. Karena diperkirakan hanya sekitar 2,5% masyarakat Tiongkok yang dapat berbahasa Inggris. Jika kamu menguasai bahasa Mandarin, maka akan meminimalisir kesalah pada saat memesan makanan di Tiongkok. Karena umumnya menu masakan yang dijual umumnya akan ditulis dalam karakter Hanzi atau bahasa Mandarin.

Dengan kamu memahami bahasa Mandarin, kamu dapat memahami sejarah dan juga budaya Tiongkok. Sejarah dan budaya Tiongkok biasanya ditulis dan juga disajikan ke dalam buku sejarah nasional dan menggunakan bahasa Mandarin yang seringkali tidak diterjemahkan ke bahasa lain.

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang ada di dalam dunia berbisnis dan wisata. Di era globalisasi seperti sekarang ini yang serba lintas negara menjadikan barang – barang asal Tiongkok bukan hanya dijual di negaranya saja namun juga di import keluar negeri. Hal ini tentunya akan membuat banyak pembisnis tertarik untuk menjalin kerj sama dengan Tiongkok.

Selain di dunia bisnis, banyak juga wisatawan asal Tiongkok yang berpergian keluar negeri yang membuat sektor pariwisata seperti lokal guide atau staff airlines mendapat keuntungan tersendiri jika mereka mampu menguasai bahasa Mandarin dengan sangat fasih.

Belajar bahasa Mandarin juga dapat membantu perkembangan otak, ada penelitian yang menyatakan bahwa dengan mempelajari bahasa Mandarin makan akan membuat satu bagian otak kita aktif bekerja.

Dan yang uniknya adalah, bagian otak ini tidak akan bekerja disaat kita mempelajari bahasa asing yang lain. Hal ini disebabkan karena sulitnya kita mengingat karakter huruf Hanzi dimana ini lah yang merangsang otak kita untuk memiliki jaringan ingatan yang lebih baik.

Di jaman globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali pebisnis dan investor – investor asal Tiongkok yang membuka perusahaannya di Indonesia. Tiongkok adalah negara yang memiliki keududukan penting dalam sektor ekonomi dan juga bisnis dunia. Dengan begitu banyak sektor yang beragam memberikan kualifikasi mampu berbahasa Mandarin sebagai salah satu syarat jika ingin melamar pekerjaan.

Dengan begitu percayalah bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang wajib untuk bisa kamu kuasai. Jadi mulai sekarang kamu bisa mencoba untuk mulai belajar bahasa Mandarin seperti mengikuti kursus atapun kamu juga bisa belajar sendiri melalui video tutorial dan juga aplikasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *