Teknik Dasar softball

Softball

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja Teknik dasar dalam olahraga softball, tetapi sebelumnya apa sih softball itu ? iya, softball adalah salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola kecil dan pemukul yang bernama stik. softball pertama kali ada pada tahun 1887 diciptakan oleh George hancock. Softball mengalami berkembangan dari masa ke masa dan masih ada sampai saat ini. softball atau yang biasa disebut denga sofbol adalah permainan beregu atau kelompok dan terdapat dua tim regu, dalam Masing masing tim berisi 9 orang atau anggota. Dan akan ada yang menjadi tim pemukul dan tim lawan. Softball juga pernah pertama kali menjuarai kompetisi dunia pada tahun 1933 dan di menangi oleh J. L. Gills dari Chicago sebagai juara dari softball dalam katagori laki laki atau pria serta katagori softball wanita di menangkan oleh Great Northerns. Lantas bagaimana cara bermain softball dan Lalu apa saja Teknik dasar dalam permainan softball atau bola kecil ini ? mari kita bahas Bersama sama.

Teknik dasar softball

Hal terpenting yang harus diketahui dan dikuasai sebelum bermain softball adalah Teknik dasar permainan softball. beberapa Teknik ini dapat kita pelajari dengan baik dan seksama, berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Teknik memegang bola softball

Hal pertama yang harus kita pelajari adalah cara untuk memegang bola dalam olahraga permainan softball. ada beberapa cara untuk memegang bola softball agar terlempar dengan benar. berikut dibawah ini cara memegang bola softball:

Four finger grip

Four finger grip Ini merupakan Teknik dasar yang ada untuk memegang bola menggunakan empat jari, yaitu dengan cara menempelkan lima bab jari di sekeliling bola hinga bola tersebut ada dalam satu genggaman.  Dan jika kita memegang bola dengan cara ini, maka bola ini akan terlempar dengan putaran yang menyamping atau ke arah samping luar.

Three finger grip

Selain dapat menggunakan dengan empat jari, kita juga dapat menggunakan bola softball dengan three finger grip atau yang disebut memegang dengan tiga jari. Dalam Teknik dasar softball ini anda di haruskan meletakan jari telunjuk, jari tengan dan juga jari manis serta jari kelingking yang menjadi penyangga pada bagian atas bola, sedangkan ibu jari berada di bagian bawah bola. Dengan cara ini akan membuat bola melintas secara mendatar dengan perputaran menuju ke arah belakang di karenakan adanya lecutan dari ketiga jari tersebut.

Two finger grip

Cara selanjutnya adalah two finger grip atau memegang bola dengan menggunakan dua jari. Teknik yang satu ini mengharuskan kita memegang bola dengan penempatan pada jari tengah dan telunjuk  yang ada pada bagian atas bola. Setelah itu bola disangga oleh tiga jari lainnya. Dan jika kita memegang bola dengan cara seperti ini maka bola ini akan berputar ke arah belakang atau juga disebut dengan back spin. Yang nantinya lintasan bola akan mendatar karena berputar ke belakang.

Itulah tiga cara memegang bola dengan baik dan benar, setelah kita mempelajari cara tersebut di harapkan kita bisa memainkan olahraga permainan bola softball dengan baik dan akan mendapatkan poin jika kita melakukannya dengan benar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *