Perbedaan Efek Olahraga Lari Pria Dan Wanita

Jika disaksikan dari wujud badan dan hormon, memang seharusnya langkah lari wanita berlainan dengan pria. Tetapi, bila disebutkan olahraga lari hasilnya lebih bagus bila dilaksanakan wanita dibanding pria.

Efektivitas Metabolisme Lemak

Biasanya, badan wanita dibuat untuk dapat lakukan olah fisik dalam jarak yang lebih jauh dan ketahanan yang semakin besar dibandingkan lelaki. Ini karena proses pembakaran (cadangan) lemak pada tubuh wanita lebih efektif hingga mereka lebih sanggup olahraga dalam waktu lama. Upayakan bahan bakar badan diperlengkapi dengan gizi yang pas dan hidrasi supaya Anda bisa mengoptimalkan keunggulan alami ini.

Lebih Banyak Estrogen

Pada wanita, estrogen berperanan dalam periode haid, hot flashes (peralihan tingkat hormon awalnya menopause), menolong penyimpanan glikogen (fasilitas penyimpanan energi), dan tingkatkan peranan paru-paru.

Bila Anda ingin tingkatkan kesehatan dengan latihan yang susah dan intensif, lakukan di saat tingkat estrogen sedang tinggi. Yaitu, di sebelum ovulasi dan di akhir babak luteal (14 hari sesudah ovulasi).

Defisiensi Zat Besi

Zat besi dapat berperan lebih bagus karena ada hemoglobin (molekul yang mengusung oksigen pada darah) dan myoglobin (molekul yang mengusung oksigen dalam otot). Bila oksigen pada darah kurang cukup, saat latihan Anda dapat cepat berasa capek, kurang kuat, dan cedera. Keadaan ini umumnya terjadi ketika haid tiba.

Pada keadaan semacam itu (anemia), yakinkan Anda konsumsi makanan tinggi zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, ayam, ikan, dan sayur. Dan ingat, zat besi semakin lebih gampang teresap badan dengan konsumsi vitamin C yang cukup.

Kepadatan Tulang Menyusut

Wanita yang sering lari dalam jarak jauh umumnya mempunyai persentase lemak yang rendah di badannya. Ini rupanya mempunyai potensi mengusik transisi menstruasi. Bila transisi haidnya tidak teratur, mereka beresiko kehilangan kepadatan tulang, yang maknanya mempunyai potensi fraktur (tulang alami depresi, hancur, rengat) dan perlu istirahat semakin tinggi. Kepadatan tulang yang jelek bisa juga menyebabkan cedera di pergelangan kaki.

Tangani permasalahan kepadatan tulang dengan konsumsi kalsium dan vitamin D. Jauhi konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dan cafein. Saat lari, pakai sepatu dengan bantalan yang bagus dan jauhi lari di track yang tidak baik.

Temperatur Badan Tinggi

Temperatur badan (suhu basal) wanita condong semakin tinggi dari pria, khususnya saat dekati dan ketika menstruasi. Bila Anda lakukan latihan ketika haid, kemungkinan perlu hidrasi extra. Bila dilaksanakan dengan stabil, olahraga lari bisa kurangi resiko kegemukan dan penyakit akut seperti diabetes type 2, stroke, dan penyakit jantung. Wanita dapat lari di saat-saat seperti kehamilan, pramenstruasi, sampai menopause, asal sesuaikan intensif lari dengan keadaannya. Tetapi, seharusnya kontrol diri ke dokter lebih dulu bila Anda barusan sembuh dari cidera atau terserang penyakit tertentu, saat sebelum lakukan olahraga lari.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *