Tips Cara Memberikan Makanan Kucing yang Benar

Cara Memberi Makanan Kucing janganlah sembarang dan harus tau karakteristik dari kucing.Ketika memilih makanan kucing, penting untuk mempertimbangkan usia, kondisi fisik, tingkat aktivitas, dan riwayat kesehatan kucing. Ini juga bisa menghindari masalah-masalah kesehatan kucing, termasuk penyakit saluran kemih dan obesitas, dengan mengikuti petunjuk yang tepat ketika memberi makan kucing. Jadi, sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan berbagai jenis makanan kucing dan cara membuat rutinitas pemberian makan. Pastikan untuk membeli makanan yang bersertifikasi dari Asosiasi Pengendali Makanan Hewan Amerika Serikat (AAFCO) dan mendiskusikan pilihan pemberian makanan dengan dokter hewan jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan.

Cara Memberi Makanan Kucing: Tipsnya

Cara Memberikan Makanan Kucing

Kucing dapat tumbuh dengan baik dari pola jika diberi makan tepat kepadanya. Selain itu apabila kucingnya gemuk dan sehat perhatikan pula kandungan protein dan nutrisi makanannya. Berikut ini adalah cara memberikan makanan kucing yang tepat:

1. Beri makan kucing secara teratur

Aturlah waktu untuk memberi makanan kucing. Waktu makan yang terbaik adalah waktu yang teratur (hari ini dengan hari selanjutnya selalu sama). Mungkin bisa mencatat kapan waktu yang biasanya digunakan untuk memberi makan kucing ini. Dengan begini dapat melatih kucing untuk disiplin waktu makan. Kalo bisa ikuti aturan mengenai takaran makanan yang diberikan berdasarkan usia dari kucing.

Cara Memberikan Makanan Kucing: Porsinya

2. Makanan basah atau kering?

Sebenarnya keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kucing Anda. Makanan basah biasanya bisa dicampur dengan daging fresh yang memiliki kualitas terbaik akan menjadi hidangan utama untuk kucing Anda. Makanan basah ini cocok untuk anak kucing karena kandungan lemak yang cukup tinggi, namun setelah umur kucing bertambah, alangkah baiknya mengurangi porsi lemak dan menggantinya dengan kandungan protein dan kadar serat. Untuk makanan kering biasanya digunakan untuk meminimalkan hairballs dan merawat usus kucing. Komposisi makanan kucing yang bagus adalah perpaduan dari campuran tiga makanan kucing, dimana satu bagian untuk kesehatan usus, satu untuk aroma yang mengundang selera makan kucing dan satu lagi berserat tinggi untuk menghindari hairballs.

Cara Memberikan Makanan Kucing: Makanan basah atau kering?

3. Kalau memberi makan itu jangan dipaksakan

Ini kalau dalam bahasa Jawa sering disebut dengan melolohkan makanan pada kucing. Meskipun Anda ingin mendapatkan kucing yang montok namun perhatikan pola makan teraturnya, jangan berlebihan. Takaran praktis penyajian makanan kucing adalah dalam 1 pon berat badan, Anda membutuhkan satu ons makanan saja pada tahun pertama dan setelahnya akan dikurangi sampai pada angka 0,9 atau 0,8 ons per satu pon berat badan. Jangan menumpukkan lemak pada kucing yang umumnya bersifat pemalas.

4. Anak Kucing Susah Makan

Jangan khawatir jika hal tersebut terjadi pada anakan kucing. Pada waktu tertentu anakan kucing / kitten memang kadang tidak memiliki nafsu untuk makan, namun pada waktu tertentu dia akan suka makan. Siapkan saja sejumlah makanan dalam mangkok agar jika anakan kucing tersebut lapar, kucing tersebut bisa makan dengan baik. Apabila dalam beberapa hari anakan kucing anda tetap tidak mau makan, jalan terbaik adalah menhubungi dokter hewan terdekat. Sedangkan cara untuk merawat bayi kucing yang baru lahir berbeda.

Cara Memberikan Makanan Kucing: Anak Kucing

5. Gunakan mangkok yang berukuran besar untuk menaruh makanan

Kucing biasanya tidak cocok dengan mangkok kecil ataupun kible. Lebih baik menggunakan mangkok yang memiliki diameter yang cukup besar agar kepala kucing bisa masuk untuk memudahkan mengambil makanan dalam mangkok tersebut.

6. Posisikan makanan kucing berada ditengah mangkok

Anda mungkin sering menemui bahwa kucing tidak menghabiskan makanannya dan hanya mengambil bagian tengah saja. Perlu diketahui bahwa bagi kucing, makanan yang ada dipinggir tersebut dianggap kosong atau tidak ada. Jadi Anda harus menempatkannya ditengah lagi agar kucing Anda tertarik untuk memakannya.

Cara Memberikan Makanan Kucing: Tempat Makan Kucing

7. Kucing suka makanan yang beraroma

Kucing biasanya hanya makan makanan yang memiliki aroma lezat, jika Anda memberikan terlalu banyak makanan dalam mangkok dan tidak segera habis, kemungkinan besar sisa makanan tersebut tidak akan dimakan lagi oleh kucing Anda. Hal tersebut terjadi karena aroma makanan kucing mulai berkurang. Anda juga harus memperhatikan penyimpanan makanan dryfood agar aromanya tidak hilang dan terjaga kualitasnya.

8. Manfaatkan lagi dryfood yang tidak dimakan oleh kucing Anda

Kadang jika Anda terlalu banyak memberikan makanan dalam mangkok, makanan tersebut tidak habis dan Anda bingung kalau harus membuangnya, sayangkan kalau harganya mahal. Untuk mengatasi hal itu bisa menjadikan dryfood tersebut menjadi makanan basah, yaitu dengan merendam dryfood menggunakan air panas agar aroma makanan tersebut tercium kembali oleh kucing. Tunggu hingga suhunya tidak terlalu panas untuk memberikannya pada kucing.

Cara Memberikan Makanan Kucing: Dry atau Wet Food

9. Pilihlah jenis makanan sesuai kondisi kucing

Makanan kucing terbaik adalah makanan yang disajikan sesuai dengan kondisi kucing tersebut. Contohnya dryfood dengan kadar protein tinggi itu hanya cocok untuk anakan kucing atau indukan kucing yang sedang hamil. Jenis makanan tersebut justru tidak cocok untuk kucing usia dewasa karena sistem perkemihan yang sangat sensitif. Anda mungkin juga akan mempertimbangkan makanan yang mengandung vitamin untuk menjaga bulunya agar tidak rontok.

10. Kucing lebih suka makan sedikit demi sedikit

Berbeda dengan hewan peliharaan lain, kucing itu tipe binatang yang tidak akan menghabiskan makanannya dalam satu waktu. Dia akan makan kemudian diselingi dengan bermain dan akan kembali lagi makan ketika sudah bosan bermain. Usahakan untuk menyediakan jumlah yang cukup pada mangkok pada jam makan kucing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *