Ide Usaha Untuk Kamu Yang Ingin Membuka UMKM

Ide Usaha Untuk Kamu Yang Ingin Membuka UMKM

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk salah satu roda dalam penggerak perekonomian Indonesia. Sumbangan UMKM terhadap PDB Indonesia bisa mencapai angka 60,34% di tahun 2017. Artinya sekitar 60%, nilai barang dan jasa yang di produksi di Indonesia pada tahun 2017 adalah berasal dari sektor UMKM.

UMKM sendiri terdiri tiga jenis usaha yaitu, Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Menengah. Perbedaan ketiganya terletak pada jumlah aset dan omzet yang dihasilkan dan didapatkan oleh pelaku usaha tersebut.

Namun, tidak sedikit dari kita yang masih bingung dalam memilih usaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Dan berikut adalah ide bisnis UMKM yang bisa kamu coba jalankan.

Fashion

Usaha di bidang fashion atau pakaian sampai saat ini masih menjadi pilihan yang tepat di Indonesia, terlebih lagi jika dilakukan secara online. Menurut The Jakarta Post, produk fashion adalah salah satu incaran favorit orang Indonesia ketika mereka berbelanja online.

Ruang lingkup pakaian juga sangat luas mulai dari baju, celana, aksesoris, sampai sepatu. Untuk kamu yang memiliki passion di industri fashion, tidak ada salahnya jika kamu ingin memulai usaha kecil menengah di bidang fashion.

Saat ini brand pakaian local juga banyak dicari oleh orang Indonesia, karena kualitasnya yang sekarang sudah bisa bersaing dengan pasar global. Kamu juga bisa berjualan melalui toko online, karena dengan begitu kamu bisa menual produk ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Skin Care dan Kosmetik

Produk skin care dan kosmetik bisa menjadi pilihan untuk kamu memulai usaha kecil menengah. Laporan yang didapatkan dari Kementerian Perindustrian, industry kosmetik mengalami pertumbuhan yaitu sebanyak 20 persen pada tahun 2017. Dan 95% industri kosmetik nasional didominasi oleh industri UMKM.

Pasar yang ditargetkan pun sekarang ini sudah menjadi lebih luas bukan hanya perempuan namun juga laki – laki. Lalu tren menggunakan bahan alami juga sedang populer di kosmetik Indonesia.

Kuliner

Di Indonesia bisnis menyumbang 41,40% pada pererkonomian Indonesia dengan senilai 383 trilliun rupiah. Sekarang ini dengan adanya layanan antar makanan seperti Go Food dan Grab Food, bisnis kuliner semakin berjaya di ranah online.

Dengan memanfaatkan layanan antar makan online, kamu bisa memudahkan para konsumen. Bagi kamu yang ingin memulai usaha kecil menengah di bidang kuliner, ada baiknya jika kamu bekerja sama dengan layanan antar makanan online. Dengan begini kamu akan lebih menjangkau pelanggan lebih banyak.

Digital Marketing Agency

Saat ini semua pengalaman berbelanja dimulai dari mesin pencarian Google atau pun media sosial. Namun, banyak pelaku usaha kecil menengah yang belum memahami bagaimana menjalankan digital marketing dengan baik.

Sehingga disarankan untuk membuka digital marketing agency, jika kamu memiliki keahlian di bidang digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization), Content Writing, Copy Writing, dan juga mengelola Website.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *